Minggu, 04 Maret 2018

Flashback 2011 - Modif Hp Java S40 Hingga ke Symbian


Tahun 2011 lalu adalah pertama kali perjalananku dimulai. Dimana pada tahun itu pertama kali nya aku punya gadget, atau hape. Dulu sih kalo nggak salah aku pake Nokia, yang masih dengan fitur seadanya. Tapi banyak banget sesuatu yang didapetin dari waktu jaman old itu. Dari mulai internet gratis, oprek hape java, symbian, dan mungkin merambat ke jaman now, Android.

Waktu itu orang-orang belum banyak yang mempunyai hp. Bahkan hanya tersedia untuk orang-orang tertentu aja. Jadi, kalo jaman old itu nggak sembarang orang tua ngasih hp ke anak. Jauh beda sama jaman now, dimana banyak anak kecil yang mungkin belum genap satu tahun usianya tapi udah dikasih gadget. Miris, sekaligus takjub sama kemajuan teknologi yang begitu cepat nya menggeser perkembangan jaman.

Jadi dulu waktu generasi itu berlangsung, banyak banget yang mencari tutorial tentang bagaimana cara memodifikasi hape java s40, dan teman seumurannya. Hingga ke symbian, symbian nya juga dari berbagai versi.

Sangat seru memang. Pokoknya bahagia banget kalo kamu mengalami masa-masa indah ini. Ya, sekarang juga emang banyak banget modifikasi-modifikasi tampilan atau fitur hape gitu, walau seperti nya untuk saat ini lebih mengarah ke Android, si teknologi terkini.

Tapi kalo bagi tangan-tangan kreatif mah apa saja bisa dimodif. Bukan karena nggak ada kerjaan, hobi aja mereka kayak gitu. Ahaha.. Pernah dulu, penasaran sama aplikasi Opera Mini yang dalemnya berbahasa Daerah kayak misalnya Sunda, Jawa, gitu dan sebagainya. Nah, abis itu langsung deh tuh kita kepo-in gimana sih kok bisa sampe kayak gitu, keren banget!

Singkat cerita, kita mulai deh membongkar operamini dan seisinya, kita kubek-kubek sampe sedikit paham cara kerja nya aplikasi itu dimodif. Ternyata banyak juga hal yang mesti disiapin untuk alat temput editing ini. Kirain nggak seribet itu. (ribet kalo baru pertama, ngekstrak aplikasi aja ribet rasanya)

Dan sekarang semuanya telah berubah, ya walopun masih ada beberapa yang menggunakan hp java hingga saat ini.

0 komentar

Posting Komentar