Kamis, 31 Desember 2020

Mantan Manajer Chelsea Dan MU Tommy Docherty Tutup Usia

Mantan manajer Chelsea dan Manchester United Tommy Docherty meninggal dunia di usia 92 tahun.

Mantan manajer Chelsea dan Manchester United (MU) Tommy Docherty meninggal dunia pada usia 92 tahun, Kamis (31/12). Kabar itu disampaikan oleh kerabatnya dan dikonfirmasi oleh cuitan akun Twitter resmi Cheasea @ChelseaFC dan MU @ManUtd.

"Segenap anggota Chelsea sangat sedih mendengar kabar meninggalnya mantan pemain dan manajer kami, Tommy Docherty. Tommy adalah legenda dalam olahraga ini dan doa kami beserta keluarga dan kerabat yang ditinggalkan,"tulis Chelsea dalam cuitannya, dikutip Jumat (1/1).

Mengutip Antara, Chelsea merupakan klub merupakan klub pertama yang ditangani Docherty ketika ditawari menjadi pemain sekaligus melatih di pengujung kariernya pada musim 1961-1962.

Di musim perdananya, pelatih dengan julukan The Doc itu gagap menyelamatkan Chelsea dari degradasi. Namun, selang semusim, ia berhasil membawa The Blues promosi kembali ke Divisi Pertama Liga Inggris.

Pada musim 1964/1965, Docherty membawa Chelsea menjuarai Piala Liga Inggris mengalahkan Leicester City 3-2.

[Gambas:Twitter]

Docherty mundur dari Chelsea pada 1967. Setelah itu ia melatih empat klub termasuk Porto sebelum menerima pekerjaan menangani tim nasional Skotlandia pada 1971.

Selang setahun, Docherty menerima tawaran untuk melatih Manchester United pada Desember 1972. Semusim dipegangnya, MU terdegradasi ke Divisi Dua pada 1973/74.

Namun, Docherty berhasil membawa MU kembali promosi sebagai juara Divisi Dua sebelum kemudian menjuarai Piala FA 1976/77 setelah menaklukkan Liverpool di partai final. 

Pada 1977, Setan Merah memecat Docherty karena selingkuh dengan istri salah seorang anggota tim medis klub.

[Gambas:Twitter]

"Kami sangat berduka atas kepergian Tommy Docherty, yang memandu tim ini menjuarai Piala FA pada 1977 dengan tim berkarakter menyerang sesuai tradisi terbaik Manchester United. Setiap orang di klub menyampaikan rasa bela sungkawa kepada orang-orang terkasih Tommy," tulis MU melalui cuitan akun Twitter resmi @ManUtd.

0 komentar

Posting Komentar