Rabu, 01 Juli 2015

Cara Membuat Efek Gitar Akustik Sederhana

baik.., Assalamualaiykum wr wb . salam mwb'rs .............


bikin-efek-gitar-sederhan.png



setelah sekian lama ane absen dari mwb yang sekiranya udah setahun lebih dikarenakan lupa kata sandi atau mungkin emang lagi error kelamaan gak dibuka , kini telah hadir kembali membawa kabar gembira untuk kita semua .. hihi kaya iklan kan ujungnya :D

okeh gak usah kepanjangan , kali ini ane mau bahas tentang pengalaman ane kemaren waktu iseng-iseng pengen punya efek gitar tapi lom kebeli , disamping itu juga gitar yang ane gunain
masih akustik alias masih bolong... Akhirnya ane mutusin buat bikin suara akustik ane , maksudnya gitar ane jadi distorsi atau minimal bisa dicolok ampli/speker aktif lah ...

sip, bahan yang diperlukan untuk project ini adalah : jeng jeng jeng ...

1. Piezzoelektrik atau bisa diambil dari twiter bekas , dia berperan sebagai pickup gitar akustik dengan cara menangkap getaran nada yg keluar dari body gitar lalu merubahnya menjadi sinyal suara untuk diteruskan ke ampli/speker

2. Preamp Head . Dia berperan sebagai penguat sinyal yang keluar dari pickup gitar untuk
diteruskan ke ampli , yups. Formasinya gitu yg ane coba kemaren , dari gitar ke pickup piezzo lanjut ke preamp head lanjut ke 3

3. Preamp Mic . Sebagai penguat suara , sedikit keterangan : pas ane coba kemaren belum ada ampli gede nya , jadi pake yg seadanya yaitu speker bekas komputer , kebayang kan kecilnya gimana..., dan itu gak ada Mic IN nya,, jadi ane pake tambahan PreAmp Mic biar suaranya kuat

Cara rakitnya gampang , kita cuma nyambungin kabelnya satu-persatu ,. siapin solder berikut timah/tinol dan kabel kecil secukupnya beserta alat perlengkapan lain (kalo ada , kalo ane sih ga ada :D maklum lah bukan anak elektro) .

Pertama tahap adalah, ish sampe kebalik gitu ngomong nya :D ,, okeh pertama ane solder piezzo tadi yg dapet dari twiter ke kabel isi dua, atau tiga juga gapapa .ini ge seadanya pake kabel bekas charge nokia, kualitas lumayan lah gak terlalu noise, nyaris gak ada..cenderung lah

lalu ujung kabel tadi sambungin ke preampHead IN , kalo preamphead nya stereo ambil kabel merah aja ya , soalnya itu lebih kuat suaranya sepengalaman ane ..

gambar nyusul ya , kabel merah ama item . yang item dari piezzo sambung ke ground preamphead. Setelah itu Output preampHead (tetep merah kalo stereo preamp-nya) disambung ke preampMic IN

..abis dari preampmic, Outnya sambung ke speker aktif jalur line IN juga,.. Seperti ane bahas tadi , ane pake speker kecil bekas komputer yang gak ada Mic In , mungkin kalo pake ampli gede mah kagak usah pake preampMic , abis dari piezzo ke preampHead lanjut ke Mic In diampli/speker . Berhubung alat seadanya ya gan ya, ini pengalaman loh, bukan maksud ngajarin ..syukur-syukur bermanfaat buat kita semua dan ada yg mau iseng juga sekedar ngisi waktu luang, daripada ngelamun lah gitu, tar malah takutnya nghayal yang bukan-bukan :D

Okeeeeh, sekali lagi ya , dari piezzo sambung kabel merah item, atau terserah warnanya apa ajah, asal dua jalur , lanjut ke PreampHead IN dari preampHead OUT lanjut ke PreampMic IN , dari PreampMic OUT lanjut ke Speker IN .. Disini ane pake daya nya 3 , preampHead 12volt karena tertera nya 12v . yang preampMic pake 5 volt kebetulan ada powerbank
.terus yang speker aktif nya 9volt.., ukuran mini gan maklum,,, :D Untuk preview suaranya bisa anda lihat link ini gan
Kalo pengen didownload langsung bisa ke link ini


Okeh sekian dulu dari ane, kalo ada pertanyaan silakan koment, pokoknya kalo ngga nyala coba coba dan coba aja lagi gan, ane aja berapa hari , berapa kali gagal .. Kalo ada suara berisik ground preampHead Out nya biarin jangan dipake/disambung ke preampMic IN . Sipplah semoga bermanfaat , sekian dan terimakasih.. , eh buat yang suka musik reggae dan ska boleh masuk sini kumpulan lagu reggae dan ska Wassallaam

1 komentar: