Senin, 12 Februari 2018

Suka Duka Menjadi Seorang Youtuber Konten Kreator

 youtube, tips, trik, cara mudah, cara, youtuber, indonesia

Istilah Youtuber seperti nya saat ini lagi marak atau boleh dibilang lagi naik daun. Entah apa dan bagaimana asal mula ketenaran nama ini di masyarakat, tapi sepertinya udah banyak kalangan yang tau soal hal-hal berbau Internet. Bahkan dikampung penulis sudah banyak para pemain Internet Marketing, terutama CPA movie.

Tak dapat dipungkiri, seperti kita ketahui kalo mencari uang diinternet itu terlihat seperti mudah. Hingga banyak orang yang iseng atau sekedar ikut-ikutan "terjun" kesini. Tak sedikit pula yang akhirnya menyerah karena tak kunjung juga dapat penghasilan seperti yang pernah mereka bayangkan sebelumnya. Disinilah letak Imer sejati sama yang hanya mengikuti trend.

Kalo bahas soal youtube, ada berbagai kategori disini. Ada yang membuat video karena hobby, ada yang membuat video karena iseng atau hanya untuk dokumentasi kenangan seperti video pernikahan, ada yang menyimpan acara tv untuk ditonton kembali, ada yang suka editing video dan menyimpan karya nya diyoutube, hingga yang terlihat nyata saat ini; yaitu mengupload video karena "uang".

Penulis sendiri awal mula membuat video lalu diupload ke youtube itu justru karena nggak sengaja. Jadi waktu itu lagi bikin efek gitar akustik untuk gitar bolong, seharian merangkai komponen, lalu udah berhasil bisa bunyi. Ada temen yang merekam alat baru itu, durasi nya pendek, sangat-sangat pendek, tapi bersejarah. Hahaha

Video nya bisa dilihat disini: Efek Gitar Sederhana

Waktu itu tahun 2015, pertama kali upload video ke youtube, lalu abis itu, seru juga bikin video untuk youtube. Terus bikin tutorial-tutorial melodi gitar dari sebuah lagu. Kita bikin video tanpa ada editing, karena emang sekedar iseng dan nggak sengaja, yang akhir nya menjadi suka.

Dan saat itu kita belum memperhatiin cahaya, teknik pengambilan, dan segala yang berhubungan dengan video. Hingga pada akhir 2015, saya tau kalo ternyata di internet itu kita bisa menghasilkan uang. Tapi belum tau Adsense.

Saat itu baru mengenal Periklanan PTC, belum youtube adsense. Hmm.. Karena kita lagi ngebahas soal konten kreator youtube, ada baiknya nggak usah perpanjang soal ini lah, ya.. hehe

Nah, setelah lamaaaaaa..... Sedikit-sedikit tau soal youtube, istilah konten kreator, reupload, spamer video, dan mungkin masih banyak lagi. Tapi kita akan senggol di Konten Kreator. Suka duka nya, karena setiap apapun pasti ada suka duka nya.

Creator COntent juga banyak banget genre nya. Ada yang suka bikin film pendek, video komedi, cover musik, tutorial main musik, motivator, vloging, ngomentarin orang, dan beuh! saking banyak nya sampe nggak bisa disebutin satu-persatu.

Tapi berhubung yang aku pegang hanya di Musik, tips trik, tutorial, atau lebih mengarah ke DIY gitu. Kita akan perdalam disitu. Banyak banget suka nya, duka nya juga.

Pertama untuk musik, mungkin sekilas emang tampak mudah.. tapi disitu kita perlu banyak perjuangan. Terlebih saat ini banyak banget yang suka klaim hak cipta walaupun hanya sekedar cover lagu. Bahkan dulu pernah, tutorial melodi, video nya jelek, jelek banget. Tapi kena klaim hak cipta, kebangetan banget kan itu yang klaim?! ish..

Bukan hanya youtuber kecil, yang sekelas Nathan Fingerstyle aja pernah kena klaim sama perusahaan perekaman Indonesia pas bawain lagu nya Ayu Ting Ting lewat instrument fingerstyle nya.

Entah mungkin karena mereka iri karena video nya nyampe ratusan ribu views, hahaha... Ya kalo pendapat penulis sendiri sih, gak papa diklaim hak cipta asal berbagi pendapatan aja. Kan si Nathan nya juga pake teknik, pake seni, dia berkarya, mungkin karena pake material milik si penggugat jadi penggugat merasa harusnya dia yang punya penghasilan. Tapi kan peran si Nathan juga besar disitu, dia fingerstyle lho! Gak gampang main gitar pake teknik itu, belajar nya juga perlu bertahun-tahun. Harusnya video nya itu bagi dua aja, berbagi pendapatan. Hihi

Itu hanya sebagian kecil saja duka nya jadi konten kreator cover musik orang. Nyatanya masih banyak lagi kasus-kasus yang mesti kita tanggung. Hm.. gak ada yang mudah, he..

Tapiiii... kita gak bisa nyerah gitu aja, asalkan kita mampu mengasah kemampuan kita lebih banyak lagi, lebih dalam lagi, lebih kwwwweren lagi, dan lebih kreatif lagi tentunya.

Nah, sekarang kita bahas "suka" nya. Jadi kreator youtube digenre musik, kita bisa terkenal. Kita bisa punya banyak fans. Tapi kita harus tau, untuk mendapatkan penghargaan yang tinggi seperti itu kita perlu banyak pengalaman, banyak latihan, belajar dan selalu belajar untuk lebih baik lagi, untuk disukai lebih banyak lagi sama orang-orang.

So, untuk kamu yang saat ini mungkin lagi merintis jadi seorang youtuber, jang pernah sekalipun mencoba untuk menyerah. Dan jangan pernah sekalipun menyerah untuk mencoba. Belajarlah, dan belajar terus! Never Give Up

0 komentar

Posting Komentar